Sabtu, 04 Desember 2010

Apakah Anda Punya Kebiasaan Menunda??Baca Ini Untuk Menghilangkannya

0 Comments

Mengapa kita suka menunda?

Mengapa kita tidak juga melakukan hal-hal yang kita sangat ingin lakukan?
Mengapa kita punya impian-impian besar, namun tidak juga mengambil tindakan drastis untuk mewujudkannya?
Jawabannya bisa mengacu kepada Hukum Pertama Isaac Newton: “Setiap aksi, ada reaksi berlawanan yang sama besarnya”
Begini penjelasannya:
Katakanlah kita menginginkan sesuatu, tentunya kita pasti menginginkan sesuatu apa pun itu kan? Yah, untuk gampangnya ambil contoh kita ingin ‘sukses’.
Hal yang paling mendasar adalah: bila kita ingin sukses, dan kita betul-betul menginginkannya lebih dari apa pun di dunia ini, kita pasti akan mendapatkannya, ya kan?
Namun demikian, ketika kita ingin menghindar dari katakanlah rasa takut dan pergi ke tempat yang aman, maka kita LEBIH menginginkan rasa aman daripada kita ingin jadi sukses. Itulah mengapa kita tidak pernah mendapatkan impian kita.
Biasanya akan muncul alasan-alasan, yang mungkin seperti ini:
“Saya gak cukup pandai”
“Saya gak punya cukup uang”
“Saya tidak berhak mendapatkan lebih dari apa yang saya punya sekarang”
“Latar belakang pendidikan saya tidak cukup atau sesuai”
“Saya gak punya kompetensi untuk melakukannya”
Semua alasan tersebut adalah yang menghambat kita untuk meraih impian kita. Caranya untuk menemukan apa alasan kita adalah dengan mengajukan pertanyaan yang tepat.
Sebetulnya, kita sudah TAHU jawabannya. Masalahnya adalah kita tidak mengajukan pertanyaan yang tepat. Berikut ada dua pertanyaan yang kita bisa gunakan:
“Apa KEUNTUNGAN yang kita dapatkan dengan tidak mewujudkan impian kita?”
Percaya deh, kita PUN akan mendapatkan SESUATU dengan tidak mewujudkan impian kita. Kita harus menemukan apakah itu supaya kita bisa menghilangkannya.
Salah satu keuntungan tersembunyi tersebut adalah kita tidak akan keluar dari wilayah nyaman (comfort zone) kita. Bahkan ketika kita tidak bahagia dengan kondisi kita sekarang, kita bisa saja meyakinkan diri kita bahwa dengan mengejar apa yang kita inginkan akan lebih sulit dan lebih menyakitkan sehingga kita tetap pada kondisi kita sekarang. Kita mungkin sengsara, tapi kita tetap merasa nyaman.
Pertanyaan kedua adalah: “Apa yang saya takutkan akan terjadi bila saya ………… ……… . (silahkan isi sendiri dengan impian-impian kita)
Pertanyaan ini melingkupi perubahan-perubahan dalam gaya hidup yang mungkin kita harus lakukan agar bisa mencapai impian kita. Juga, melingkupi apa yang orang lain akan pikir tentang kita.
Supaya kita bisa meraih impian kita, kita harus menjawab dan menyelesaikan kedua pertanyaan sederhana ini.
Oke deh, jadi apa yang kita lakukan?
Pertama, matikan HP kita, TV, radio, dan semua yang bisa mengganggu konsentrasi kita. Lalu, ambil sebuah pulpen dan tulis di bagian atas sehelai kertas:
“Keuntungan dengan TIDAK meraih impian saya adalah:”
Tulis minimal 20 jawaban. Bila kita sudah tidak bisa menjawabnya lagi, coba saja ‘tebak’ dan tuliskan saja. Bila sudah mencapai 10-15 jawaban, pikiran bawah sadar kita akan mengambil alih. Tulis apa pun yang muncul di benak kita, seberapa aneh atau gak pentingnya jawaban itu.
Biarkan saja benak kita bergerak liar dan dapatkan jawaban sespesifik mungkin. Biasanya kita akan mendapatkan jawaban-jawaban yang menarik.
Sekarang, tanyakan pada diri kita, bagaimana kebiasaan menunda telah membantu kita sejauh ini. Sadari bahwa kebiasaan itu ada pasti untuk maksud tertentu. Temukan maksud tersebut, dan tanyakan pada diri kita apakah masih berguna bagi kita. Mungkin sudah saatnya kita melepaskan kebiasaan itu.
Ketika kita sudah mengetahui bahwa ia sudah tidak berguna lagi bagi kita, secara alamiah kebutuhan akan kebiasaan tersebut pun akan hilang (bila kita sudah siap melepaskannya).
Dan ketika sudah hilang, kita akan merasa bebas untuk mencapai yang kita inginkan, dan kita pun akan melakukannya dengan perasaan mudah dan senang.
Apkah kita siap menghilangkan kebiasaan menunda atau apakah kita akan menundanya lagi? Kita pilih sendiri.
Dalam hidup ini, kita hanya punya dua hal: Alasan atau Hasil. Kita mendapatkan hasil dari yang kita inginkan, atau kita memiliki ‘alasan’ mengapa kita tidak mendapatkannya.
Kebiasaan menunda seperti penyakit. Obatnya adalah dengan meyakinkan diri kita bahwa ia sudah tidak berguna lagi buat kita.



0 Comments:

Posting Komentar

Komentar anda sangat membantu untuk kemajuan blog ini, jadi silah tinggalkan komentar anda, No Porn No Spam